Berita Terkini Nasional Dan Internasional 2024
Home Skor bola Zodiakmu Hari Ini dairi G News  

Resep Bikin Bakwan Jagung Tanpa Baking Soda, Renyah dan Tidak Berminyak Berita Viral Hari Ini Senin 20 Mei 2024

1. Buat Adonan Bakwan Jagung

Langkah pertama, siapkan adonan bakwan. Campur jagung manis, tepung terigu protein sedang, tepung beras, garam, lada, kaldu bubuk, bawang putih parut, dan daun bawang iris. Aduk semua bahan hingga tercampur merata.

4 dari 12 halaman

2. Tambahkan Putih Telur

Langkah kedua, setelah bahan-bahan utama tercampur, barulah bisa ditambahkan putih telur. Aduk kembali hingga putih telur menyatu dengan seluruh komponen adonan bakwan.

5 dari 12 halaman

3. Goreng Bakwan di Minyak Panas

Langkah ketiga, goreng bakwan di minyak panas, lalu angkat ketika sudah golden brown. Selain pemilihan jagung, tepung, dan penggunaan putih telur, pastikan minyak benar-benar sudah panas ketika digunakan untuk menggoreng. Dengan begitu, bakwan bisa lebih krispi dan matang merata. 

6 dari 12 halaman

4. Tips Memilih Bahan

Untuk menghasilkan bakwan jagung yang krispi tapi tidak berminyak, beberapa tips dari @aaroon_laksana dalam memilih bahan yang perlu diperhatikan:

    Pilih jagung manis pipil yang masih segar karena rasanya lebih manis dan kandungan airnya yang lebih sedikit dibanding jagung kalengan. Gunakan putih telur saja agar hasil bakwan jagung bisa lebih renyah. Ketika menggoreng, ambil adonan bakwan menggunakan scoop es krim. Masukkan ke penggorengan dan sedikit ratakan permukaannya agar hasilnya bisa lebih lebar, tipis, dan renyah. 
7 dari 12 halaman

Beberapa Pertanyaan Warganet Seputar Trik Masak Bakwan Jagung

8 dari 12 halaman

Kenapa Bakwan Harus Pakai Tepung Beras?

Saat mengolah bakwan, gunakanlah tepung terigu untuk menghasilkan tekstur bagian dalam bakwan yang lembut, sedangkan tepung beras untuk membuat bagian luarnya kriuk. Dalam proses mencampur adonan, tambahkan air secara bertahap sebanyak 75 ml.

9 dari 12 halaman

Apa yang Menyebabkan Bakwan Keras?

Jika jumlah tepung beras yang dipakai terlalu banyak atau tepung terigu yang kurang, bakwan jagung akan memiliki tekstur yang keras.

10 dari 12 halaman

Apakah Adonan Bakwan Bisa Disimpan?

Adonan bakwan jagung dan menyimpannya di dalam kulkas untuk persediaan lauk selama tiga hingga empat hari.

11 dari 12 halaman

Apakah Air Es Bisa Merenyahkan Gorengan?

Menggunakan air es untuk melapisi gorengan bertepung dapat memberikan efek renyah. Itulah sebabnya, dalam banyak resep, disarankan untuk memanfaatkan air es saat membuat adonan pencelup yang cair. Contohnya, ketika kita membuat gorengan bertepung seperti ayam tepung, langkah umumnya adalah mencelupkan daging ayam ke dalam telur terlebih dahulu sebelum dilapisi dengan tepung.

12 dari 12 halaman

Apa Fungsi Tepung Tapioka pada Gorengan?

Yang membuatnya istimewa adalah ketahanan kerenyahan gorengannya, yang tetap terasa meskipun sudah dingin. Contohnya, rempeyek, cireng, cimol, dan kerupuk, semuanya memiliki tekstur yang renyah.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Kredit
  • Eka Fadhila Kharisma Putri
    Author
    Eka Fadhila Kharisma Putri
  • Nurrohman Sidiq
    Editor
    Nurrohman Sidiq
Video Terkini
powered by

Berita Terkini

Lihat Semua