Berita Terkini Nasional Dan Internasional 2024
Home Skor bola Zodiakmu Hari Ini dairi G News  

Tanpa Dikukus Lama, Begini Cara Masak Beras Ketan Agar Lembut dan Matang Merata Berita Viral Hari Ini Senin 20 Mei 2024

1. Rendam Beras Ketan

Langkah pertama, rendam beras ketan terlebih dahulu selama 30 menit sampai 2 jam. Usahakan jangan lebih dari dua jam karena bisa menyebabkan bulir-bulir berasnya menjadi hancur. Selesai direndam, bilas beras ketan 1-2 kali dengan air mengalir.

4 dari 12 halaman

2. Kukus Beras Ketan hingga Setengah Matang

Langkah kedua, masukkan beras ketan ke dalam panci dan tambahkan beberapa daun pandan di atasnya agar wangi. Lalu, kukus hingga setengah matang, kurang lebih selama 15-20 menit.

5 dari 12 halaman

3. Tambahkan Garam dan Santan

Langkah ketiga, pindahkan beras ketan yang sudah setengah matang ke dalam wadah. Dalam kondisi yang masih panas beri 1 sdt taburan garam (atau sesuai selera) dan 500 ml santan, lalu aduk hingga tercampur sempurna. Diamkan sebentar agar santannya terserap beras ketan.

6 dari 12 halaman

4. Kukus Kembali Hingga Matang

Langkah terakhir, kukus kembali ketan hingga matang kurang lebih selama 20-30 menit. Jangan lupa, sebelum memasukkan ketan ke panci, alasi terlebih dahulu dengan daun pisang. Setelah 20-30 menit nasi ketan yang lembut dan matang sempurna siap disajikan. Bisa dikonsumsi dengan menambahkan toping sesuai selera, seperti parutan kelapa, selai, mangga, dsb.

7 dari 12 halaman

Beberapa Pertanyaan Warganet Seputar Cara Memasak Beras Ketan

8 dari 12 halaman

Kenapa Beras Ketan Harus Dikukus?

Perendaman berperan dalam gelatinisasi berikutnya. Pengukusan membantu pematangan beras ketan menjadi nasi ketan, membunuh mikroba berbahaya, dan mencapai tekstur lembut.

9 dari 12 halaman

Apa yang Menyebabkan Ketan yang Sudah Dimasak Menjadi Lembek?

Jumlah air yang berlebihan dalam proses pembuatan ketan akan menyebabkan konsistensi ketan menjadi lebih lunak.

10 dari 12 halaman

Berapa Lama Ketan Basi?

Apabila disimpan dengan cermat, ketan dapat bertahan dalam waktu yang cukup lama. Ketan yang dimasukkan ke dalam lemari es bisa tetap segar selama 4 hingga 5 hari.

11 dari 12 halaman

Apa yang Membuat Beras Ketan Lengket?

Menurut penelitian yang dikutip oleh Alawiati (2003), beras ketan memiliki kadar amilosa yang rendah. Sehingga, saat dimasak, beras ini cenderung menghasilkan tekstur yang sangat lengket dan lembab. Berbeda dengan itu, beras ketan memiliki kandungan amilopektin yang tinggi, menyebabkan teksturnya menjadi lengket atau pulen ketika dimasak.

12 dari 12 halaman

Kenapa Tepung Ketan Tidak Boleh Dimasak Terlalu Lama?

Saat membuat kue dari tepung ketan, perlu memperhatikan dengan seksama waktu proses memasaknya. Tujuannya adalah agar kue tidak retak atau berubah bentuk karena ketan mudah masak, seperti pada pembuatan klepon.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Kredit
  • Eka Fadhila Kharisma Putri
    Author
    Eka Fadhila Kharisma Putri
  • Nurrohman Sidiq
    Editor
    Nurrohman Sidiq
Video Terkini
powered by

Berita Terkini

Lihat Semua