Berita Terkini Nasional Dan Internasional 2024
Home Skor bola Zodiakmu Hari Ini dairi G News  

Joko Pinurbo Wafat, Pernah Bakar Sajak-Sajaknya yang Dirasa Gagal Berita Viral Hari Ini Minggu 12 Mei 2024

3 dari 4 halaman

Penghargaan yang pernah ia raih

Sebagai apresiasi atas karyanya, Joko Pinurbo menerima banyak penghargaan, seperti Penghargaan Buku Puisi Terbaik Dewan Kesenian Jakarta 2001, Hadiah Sastra Lontar, dan Sih Award (Penghargaan Jurnal Puisi Terbaik puisi) dan ia juga terpilih sebagai tokoh sastra majalah Tempo.

Dalam skala internasional, Joko Pinurbo pernah diundang membaca puisi pada Festival Puisi Transnasional Winternachten 2001 di London, Festival Sastra/Seni Winternachten 2002 di Belanda, Forum Puisi Indonesia 2002 di Hamburg, Jerman, dan Festival Puisi Internasional- Indonesia 2002 di Solo.

Antologinya Di Bawah Kibaran Sarung memenangkan salah satu penghargaan kumpulan puisi terbaik 1998-2000 dari Dewan Kesenian Jakarta. Pada tahun 1997 salah satu esainya dianugerahi hadiah oleh majalah sastra Horison.

4 dari 4 halaman

Penyair Joko Pinurbo Meninggal Dunia, Seniman dan Aktor Ini Rasakan Duka Mendalam

Joko Pinurbo, penyair ternama Indonesia yang meraih banyak penghargaan di sepanjang karierna, dikabarkan meninggal dunia. Kabar meninggalnya Joko Pinurbo diumumkan kepada publik oleh artis seniman Butet Kartaredjasa.

Membuka laman Facebook Butet Kartaredjasa, Sabtu (27/4/2024), awalnya aktor film Soegija menyampaikan kabar duka tersebut. Secara singkat, Butet Kartaredjasa menuliskan, "Sumangga Gusti (Jokpin)".

 Lalu tak lama setelahnya, seorang kerabat bernama Hairus Salim menyampaikan ucapan selamat tinggal untuk selamanya kepada Joko Pinurbo sembari mengunggah potret pertemuannya dengan Butet Kartaredjasa di acara ulang tahun Joko Pinurbo yang ke-60.

"Selamat jalan penyair kencana Joko Pinurbo. Damai di sorga-Nya. Maut Tersenyum. Mau tersenyum mengulurkan mawar sekuntum dan dengan takzim mengecup jidatmu.. Seusai perayaan 60 tahun Jokpin di Kafe Leha-leha. Ada mas Butet Kartaredjasa edy Edi Mulyono Irfan Afifi ...," tulis Hairus Salim di Facebook sembari menandai akun milik Butet.

Selengkapnya...

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Kredit
  • Sulung Lahitani
    Author
    Sulung Lahitani

Berita Terkini

Lihat Semua